Bentuk Squish pada motor 2tSebelum membahas bagaimana perhitungan squish pada mesin 2T alangkah baiknya kita harus tahu dulu apa itu squish dan fungsinya, Squish adalah cekungan pada head motor 2t. sedangkan fungsinya adalah untuk pengarah turbulensi kabut dari percampuran bahan bakar dan udara sehingga mampu terbakar sempurna. Dan dalam dunia balap perubahan bentuk squish untuk kita dapat memperpadat kompresi motor agar kompresi lebih tinggi. Sehingga pemapasan head dan mengatur kembali dengan pergitungan yang teliti dilakukan oleh para mekanik.

Bentuk squish balap

Dalam buku sang maestro  Graham Bell, besar sbuah squish / piston 54 mm. Jika seperti itu, squish bandnya itu adalah 8 mm atau disebut dengan 50% Squish Band.

Hal serupa juga di bahas di buku 2 Stroke Tuner’s Handbook by Gordon Jennings yang isinya sama dengan pendapat Graham Bell yakni 50% Squish Band.

Sehingga dapat kita hitung demikian, Jika sebuah piston 54 mm berarti 50% squish bandnya adalah 8 mm,sehingga didapati 8mm yang diperoleh dari rumus dibawah ini.

r = 0.5*D*(1 -√(1 – S))
dimana :
r = width of ring
D = cylinder bore/ ukuran piston
S = squish factor as decimal fraction, ie 0.73 not 73%

Sehingga rumus tersebut kita aplikasi untuk menghitung squish sebagai berikut :
Dalam buku Graham Bell disebutkan A 50 % squish band (S) dari piston 54 mm (D) itu adalah 8 mm
jadi S = 0.5, D = 54 mm, maka
r = 0.5 *54 * (1 -√(0.5)) = 7.9 mm dibulatkan 8 mm

Namun dalam buku yang dibuat oleh Eric Gorr di bukunya – 2 stroke top end and performance
Pada Head dengan ukuran squish band lebar 60 % dari bore/ piston dan jika rasio kompresi 9 : 1 sangatlah sesuai jika menekan di RPM bawah sampai menengah. Sedang Head dengan suish band (35-45 %) dari bore / piston dan rasio kompresi 8 : 1 ini sangat cocok dengan karakter  penekanan pada RPM atas.

Demikianlah cara menghitung Squish racing pada motor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s