Korek motor Suzuku Shogun SP 125Korek motor Shogun SP memang lebih rumit dibanding dengan korek yang umum seperti Yamaha Jupiter, Honda blade, Mio, Ninja, dll. Berikut adalah langkah-langkah dalam korek mesin Shogun SP.

Korek Shogun SP HarianLangkah yang paling awal dalam korek motor adalah mengukur durasi kem. dan angkatan klep (gbr.1). Hasil pengukuran tersebut didapatkan durasi kem in dalam keadaan klep terangkat 1 mm adalah membuka 2° sebelum Titik Mati Atas (TMA) dan menutup 42° ssetelah Titik Mati Bawah (TMB). Artinya durasi terhitung 224° dengan lift kem 5,15 mm (gbr.2),” jelas ayah satu putri ini..

Pada bagian klep out mempunyai format pembukaan 40°sebelum TMB dan menutup 4° setelah TMA. Durasinya sama dengan kem in, yaitu 224°. Gejala yang dirasakan kala berakselerasi dengan setelan pabrik itu, power pada tiap perpindahan gigi agak sedikit drop. Untuk mencapai top speed juga rasanya cukup lama.

Korek Shogun SP Harian  Bentuk Noken Asnya Perlu setting ulang dan gak ketinggalan klep diubah. Pertama dicoba clearance 0,09 mm untuk klep in dan out. Sementara kombinasi pilot dan main jet masih 12,5 dan 92 (gbr.3) dengan setelan udara 1 1/5 putaran keluar.

Motor pun kemudian dites berakselerasi. Hasilnya, power motor dirasakan lebih bagus dari sebelumnya, akselerasi lumayan cepat dan top speed bisa mencapai 115 km/jam. Namun ada yang dirasa masih kurang, yakni tiap perpindahan gigi nafas motor terasa lebih pendek-pendek walupun akserasinya agresif.

Korek Shogun SP Harian mengubah karburatorHal tersebut bisa disebabkan karena setelan udara terlalu kering. Maka Kadek, sapaan akrab pria berbadan bongsor ini pun kemudian mengubah sedikit setelan udara dari semula 1 1/5 menjadi hanya 1 putaran membuka (gbr.4).

Korek Shogun SP Harian 4Perlu setelan udara dalam posisi agak ditutup untuk mendapatkan campuran bahan bakar yang lebih banyak. Demikianlah korek Shogun Sp harian yang bisa saya share di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s