CARA SETTING KNALPOT

Posted: Juni 10, 2013 in Info Lain

toko knalpot racing terlengkap di Jakarta

Dihari minggu yang cerah ini pengen jalan – jalan sambil cuci mata,tp pas baru keluar gang ada motor brisik banget dengan knalpot racingnya,biasa anak muda pasti cari perhatian hahaha…!!tiba tiba tancap gas,niatnya se mo ngebut.anda bisa bayangkan kan motor dengan CC kecil tapi knalpotnya kegedean??ya ga lari..pengen tak ketawain tapi kok dikira nanti sok tahu.Oke,mari kita kembali ke topik bahasan kita!
Untuk mendapatkan power mesin yang besar, bukan knalpot dulu yang disediakan. Silakan korek mesin dulu sampai maksimal, knalpot mengikuti.

Gejala terbalik banyak dianut mekanik kita ditanah air. Bisa dilihat dalam penggunaan knalpot di road race. Misalnya satu tim menggunakan knalpot merek “x” dan kerap menang, eh tim lain langsung mengikuti.Padahal setiap mesin punya karakter yang berbeda. Jadi, dalam penggunaan knalpot tidak bisa dipukul rata.Bukan berarti dicaplok mentah-mentah,Tetap knalpot harus disesuaikan.

Dalam seting knalpot,Selain dari diameter, terpenting dari panjang leher knalpot dulu.Panjang leher knalpot memang pengaruh terhadap akselerasi dan top speed.

Untuk trek jarak pendek, butuh leher knalpot yang lebih pendek. Itu untuk kejar akselerasi, karena top-speed tidak diutamakan.

knalpot creampie jogja cabang jakarta

Untuk trek permanen (normal seperti di sepang/malaysia),tidak perlu banyak mengubah panjang-pendek leher knalpot.Yang diperhatikan hanya seputaran silencer.
Dalam silencer sendiri bisa dibagi dua setingan. Panjang-pendek silencer hanya pegang angka 20% pengaruhnya terhadap power mesin. Silencer pendek cocok untuk trek pendek. Begitupun sebaliknya, silencer panjang untuk trek long.

Paling penting lagi yaitu saringan atau pipa bolong-bolong di dalam silencer. Setiap mesin atau trek tertentu, bisa berbeda panjang sarangan nyamuknya. Misalnya panjang silencer sama-sama 30 cm. Tapi, pipa sarang nyamuknya bisa hanya 20 cm atau 25 cm saja.Pipa sarang nyamuk dan glasswool ini pengaruhnya bisa 30% dari total power yang disumbang knalpot terhadap power mesin.

Setingan ini membuat kita bisa menyimpulkan. Tim tertentu motornya cocok dengan knalpot merek X dan bisa kencang. Dipakai tim lain belum tentu bisa kencang. Gejala ini bisa dilihat dari balapan secara langsung. Tim yang motor awalnya memang di depan tetap di depan. Meski tim lain ikutan menggunakan knalpot serupa, belum tentu bisa menyalipnya.

Dan perlu diketahui, knalpot yang beredar di pasaran dibuat hanya berdasarkan rata-rata. Dibikin mengikuti riset dari motor tim yang disupport pabrikan knalpot itu.

Mekanik tetap harus pandai seting knalpot sendiri.Mengikuti kemauan mesin, sirkuit dan karakter pembalap.Bagus lagi kalau kita mengetes knalpot di trek sesungguhnya,bukan dijalan raya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s